Yosef Yudha Wijaya

Halo (Lagi) Dunia! (2)

Halo (Lagi) Dunia! (2)

Masa karantina akibat Covid-19 ternyata berefek positif: situs ini lahir kembali dengan teknologi teranyar.

Yosef Yudha Wijaya ยท

Halo (Lagi) Dunia! (2)

Masa karantina akibat pandemi Covid-19 ini membawa berkah tersendiri. Mulai 17 Maret 2020 saya bekerja dari rumah karena tugas-tugas saya bisa dikerjakan di mana saja selama terhubung dengan internet. Waktu lebih kurang 3 jam dalam sehari yang biasanya saya butuhkan untuk perjalanan pergi-pulang rumah-stasiun-kantor kini bisa saya gunakan untuk mengunjungi kembali situs ini setelah mangkrak mengisi kontennya sejak sekitar tahun 2010.

Pada tahun 2015 sebenarnya saya sudah mencoba bermain-main dengan WordPress, Laravel, dan Centos di Digital Ocean kemudian pada 2017 di Linode. Beban untuk mengelola server, virtual host, dan sertifikat Let's Encrypt selain menulis kode program ternyata lumayan berat bagi saya. Entah sudah berapa banyak mesin virtual yang saya pasang-bongkar. Namun, ini pembelajaran yang lumayan bagi saya.

Kini waktu ekstra tersebut saya pakai untuk mengeksplorasi Vue.js serta Nuxt.js. Selain itu, saya juga tergoda mengutak-atik sistem kelola konten Storyblok dan membuka akun di Zeit untuk menggelar secara instan aplikasi saya. Total biaya untuk kedua layanan ini adalah Rp 0. Saya cukup mengeluarkan dana untuk perpanjangan nama domain saja.

Saya berencana memublikasikan ulang konten-konten lama situs ini secara dwibahasa. Fitur multibahasa di Storyblok cukup membantu, tinggal memoles kemampuan tulis bahasa Inggris saya yang sudah karatan.

Terbikin dengan penuh ๐Ÿค” oleh Yosef Yudha Wijaya