Yosef Yudha Wijaya

Jembatan Kali Progo

Jembatan Kali Progo

Beberapa rekaman momen saat mengunjungi Stasiun Lempuyangan dan jembatan Kali Progo di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yosef Yudha Wijaya ยท

Jembatan Kali Progo

Beberapa momen yang saya rekam ketika bersama beberapa rekan mengunjungi Stasiun Lempuyangan dan jembatan kereta api Kali Progo di Daerah Istimewa Yogyakarta pada 12 April 2008.

Img CC20150 (GE U18C) berdinas kereta api barang menuju barat (Stasiun Yogyakarta). Saat kereta api ini berangkat dari Stasiun Lempuyangan, seseorang berlari menuju dan menaiki lokomotif. Sosok penumpang gelap tersebut terlihat di bagian belakang lokomotif.

Img Prambanan Ekspres tujuan Solo, Jawa Tengah. Biasanya rangkaian yang digunakan adalah kereta rel diesel (KRD) atau kereta rel diesel elektrik (KRDE) yang kadang dipanggil "Yellow Submarine", tetapi kali ini rangkaiannya terdiri atas CC20321 (GE U20C), beberapa kereta kelas bisnis, dan 1 kereta kelas ekonomi.

Img KRDE Prambanan Ekspres tujuan Kutoarjo saat melintas di jembatan Kali Progo.

Img Prambanan Ekspres setelah melintasi jembatan.

Img Fajar Utama (kelas bisnis) dari Jakarta ditarik 2 lokomotif, CC20339 dan CC201xx.

Img Kereta api barang dari Yogyakarta menuju barat.

Img Lodaya dari Bandung. Saya belum pernah menumpang kereta api ini. Lokomotif yang digunakan adalah CC20401 (GE C18MMi) eks CC20103.

Ketika kami meninggalkan lokasi jembatan, hudan turun sangat deras sehingga kami menuju Stasiun Rewulu untuk berteduh. Pada saat bersamaan semua sinyal dan wesel di Stasiun rewulu mengalami malfungsi akibat sambaran petir. Semua sinyal otomatis menyala merah.

Akibatnya, ada dua kereta api dari timur dan barat yang tertahan masuk stasiun. Dua petugas stasiun menuju sinyal masuk, sementara seorang petugas pengatur perjalanan kereta api menunggu di stasiun dengan dengan surat perintah melalui sinyal tidak aman.

Img Prambanan Ekspres dari Yogyakarta menjadi kereta api pertama yang memasuki stasiun.

Img Setelah diizinkan melewati sinyal tidak aman, Prambanan Ekspres melanjutkan perjalanan ke Kutoarjo.

Img Argo Lawu dari Gambir, Jakarta, memasuki stasiun.

Img

Terbikin dengan penuh ๐Ÿค” oleh Yosef Yudha Wijaya